Tips Merawat Burung Murai Batu Untuk Lomba

  • by

Merawat burung murai bagi sebagian orang adalah salah satu cara untuk mendapatkan kemenangan dalam sebuah perlombaan kicau burung. Banyak cara dilakukan demi mendapatkan murai batu yang berkualitas tinggi. cara melatih burung murai batu juga ternyata tidak terlalu sulit karena burung ini termasuk memiliki kecerdasan tinggi.

Ada banyak jenis burung murai batu yang bisa Anda temui, misalnya saja murai medan dan murai nias. Kedua jenis murai ini sangat terkenal di kalangan pecinta burung karena memiliki kicauan yang unik. karena kepopuleran burung ini, Anda bisa menemukannya di berbagai toko burung baik secara offline atau online.

Anda perlu merawat burung ini untuk hasil maksimal ketika diikutkan dalam perlombaan. Merawat burung ini tidak hanya dilakukan ketika akan mengikuti perlombaan saja, tetapi harus rutin. Hal ini sangat penting agar kualitas burung tidak berubah-ubah. Tentu saja perawatan rutin akan memberi hasil yang lebih maksimal.

Berikan Pakan yang Baik

Pemberian pakan yang baik menjadi hal paling utama jika Anda ingin burung murai Anda memenangkan perlombaan. Ada beragam jenis pakan yang bisa Anda berikan pada murai batu Anda sehingga kebutuhan gizinya tercukupi. Jika gizinya tercukupi maka kesehatan dan kebugaran burung murai akan lebih baik.

Beberapa jenis pakan untuk murai yang baik adalah jangkrik, kroto, dan ulat hongkong. Tiga pakan ini menjadi andalan ketika burung murai akan mengikuti sebuah perlombaan. Beberapa ekor jangkrik dan ulat hongkong biasanya diberikan sebelum perlombaan dimulai. Hal ini berguna untuk stamina dan keagresifan murai batu ketika berkicau.

Untuk kroto sendiri biasanya diberikan ketika hari-hari biasa sebagai pakan utama murai batu. Kroto sangat baik bagi pertumbuhan murai batu dan juga berfungsi sebagai penambah stamina burung. Namun selain itu murai batu juga harus diberikan pakan tambahan seperti vitamin dan suplemen untuk menjaga kebugaran burung.

Perdengarkan Mp3

Selain memberikan pakan yang baik, merawat burung murai untuk sebuah perlombaan lainnya adalah dengan memperdengarkanya berbagai kicauan dari berbagai jenis burung. Murai batu adalah salah satu burung dengan kecerdasan tinggi, karena itulah murai batu mampu menirukan beberapa suara kicauan burung lain.

Cara ini sangat efektif bagi murai batu, apalagi jika diperdengarkan secara rutin seminggu atau dua minggu sebelum perlombaan. Selain murai batu memiliki mental kuat, murai juga bisa beradaptasi dengan kicauan baru yang dia pelajari dari Mp3 tersebut. tidak heran jika cara ini menjadi kegiatan rutin para pecinta burung.

Bersihkan Kandang Sesering Mungkin

Merawat burung murai berarti harus memperhatikan kandangnya juga. Anda harus selalu memperhatikannya dengan senantiasa membersihkan kandang. Buanglah kotoran burung murai ketika dirasa sudah menumpuk. Selain itu kandang juga harus disemprot dengan air bersih untuk menghindari tungau, bakteri, atau kotoran lain.

Anda juga harus memandikan burung murai agar tetap bersih, terutama bulu-bulunya harus selalu terhindar dari kotoran. Murai tidak akan nyaman jika tubuhnya dipenuhi oleh kotoran sehingga ketika mengikuti sebuah perlombaan kicauannya tidak maksimal. Karena itulah Anda harus selalu rutin membersihkan dan memandikan burung murai setidaknya tiga hari sekali.

Anda memerlukan banyak informasi tentang perawatan burung Murai ini. MRK Kediri adalah salah satu tempat untuk mendapatkanya. Selain menyediakan informasi tentang murai, di sana Anda juga bisa membeli burung murai batu. Kualitas murai kami adalah yang terbaik dan layak untuk dipelihara sehingga cocok untuk Anda yang ingin memelihara dan merawat burung murai untuk berbagai perlombaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *