Cara Merawat Burung Murai Batu dengan Mudah

  • by

Jika Anda memelihara burung murai, Anda juga harus bisa mengetahui cara merawat burung murai batu. Jika Anda tidak mengetahui cara merawat burung maka sama saja Anda akan membunuh burung tersebut. Anda bisa melakukannya sendiri ketika sudah memahami bagaimana merawat burung, terutama burung murai.
Kebanyakan orang pada dasarnya bisa melakukannya dengan mudah asalkan memahami karakteristik setiap burung. Misalnya saja burung murai batu yang setidaknya memerlukan perawatan tertentu untuk membuat kicauannya menjadi lebih variatif. Jika burung murai dirawat dengan baik, tidak menutup kemungkinan bahwa burung tersebut akan memberikan keuntungan tersendiri pada Anda.

Ada banyak sekali cara merawat burung yang bisa Anda pelajari. Anda bisa bertanya pada pecinta burung atau belajar sendiri melalui internet. Di internet Anda bisa belajar trik mudah merawat burung melalui youtube ataupun hanya membaca di berbagai artikel seperti yang akan kami berikan pada Anda dibawah.

Rutin Membersihkan Kandang

Cara merawat burung murai batu yang pertama adalah sering membersihkan kandang. Sebagai tempat tinggal murai batu, kandang adalah tempat tinggal yang harus selalu bersih. Untuk membuat kandang yang bersih Anda harus sesering mungkin membersihkan kandang burung. Paling tidak bersihkan kandang burung ini selama seminggu sekali.

Cara membersihkan kandang juga tidak boleh sembarangan. Anda tidak boleh langsung menyiram dengan air yang kencang,namun Anda harus menyemprotkan air secara perlahan. Hal ini agar kandang tidak rusak dan mengakibatkan burung tidak nyaman. Siram dengan hati-hati untuk menghindari beberapa bagian patah.

Selain itu Anda juga harus sering membuang kotoran burung yang berceceran. Ketika membersihkan kandang hal ini juga diperlukan agar tidak menyebabkan penyakit pada burung. Sebagai seekor burung berkicau, murai batu jelas tidak betah jika kandangnya kotor meskipun berasal dari kotorannya sendiri.

Berilah Makanan yang Menyehatkan

Selain membersihkan kandang, cara merawat burung murai batu selanjutnya adalah dengan memberikan makanan bergizi. Burung berkicau adalah salah satu jenis burung yang harus mendapatkan perlakuan istimewa, terutama menyangkut masalah makanan. Makanan ini juga tidak boleh diberikan secara monoton, namun berilah makanan secara variatif.

Ada banyak jenis pakan burung yang bisa memberikan efek baik pada murai batu, misalnya ulat. Ulat adalah salah satu makanan yang paling disukai oleh burung, sama hal dengan murai batu. Makanan ini membantu pertumbuhan burung murai batu agar tumbuh menjadi burung yang sehat.

Selain makanan utama, burung murai batu juga harus diberikan makanan tambahan untuk membuatnya semakin bersemangat. Pemberian makanan tambahan sebenarnya bertujuan untuk variasi dalam makanan. Makanan yang bervariasi akan meningkatkan suara burung, dengan begitu ketika burung ini akan mengeluarkan kicauan yang variatif juga.

Berikan Vitamin atau Suplemen

Selain memberikan pakan yang baik, burung juga memerlukan vitamin untuk kesehatan tubuh. Fungsi vitamin atau suplemen adalah untuk menjaga ketahanan tubuh burung agar tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, hal ini berfungsi untuk menghindari bakteri atau tungau yang bersarang di bulu burung. Dengan begitu burung akan tetap aktif dan tidak gampang sakit.

Setelah Anda mengetahui cara merawat burung murai batu tersebut, mungkin Anda akan tertarik memiliki seekor murai batu untuk dipelihara. Cara perawatan yang mudah menjadikan burung ini layak Anda miliki. Harga murai batu juga tidak terlalu mahal dan bisa didapatkan di banyak tempat.

Murai batu di MRK Kediri adalah salah satu yang terbaik di indonesia. Anda bisa membeli Murai Batu dengan kualitas unggulan di sini. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengunjungi langsung, Anda bisa menghubungi toko kami untuk menghemat waktu Anda. Dapatkan artikel menarik lainnya tentang murai batu untuk wawasan Anda. Dengan berbekal cara merawat burung murai batu yang sudah Anda pelajari pasti akan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *