Cara Beternak Burung Murai Batu Medan Yang Relatif Mudah

Cara Beternak Burung Murai Batu Medan Yang Relatif Mudah

Cara Beternak Burung Murai Batu Medan – Burung kicau seringkali memiliki daya tarik dikalangan masyarakat umum. Seperti burung murai batu medan yang notabene memiliki beberapa keunggulan tersendiri sehingga banyak sekali masyarakat umum yang memilih untuk beternak murai tersebut. Agar kalian lebih jelas lagi tentang cara beternak murai batu medan tersebut, maka artikel ini akan sedikit mengulasnya.

Ternak Murai Batu

Burung murai batu medan

Burung murai batu medan merupakan sebuah burung hias yang untuk saat ini memiliki banyak sekali penggemar. Masyarakat umum menggemarinya dikarenakan burung tersebut memiliki sebuah suara yang bisa dibilang indah nan cantik. Selain itu burung murai batu medan ini memiliki beberapa ciri yang membuatnya berbeda dengan burung murai lainnya.

Ciri-ciri burung murai batu medan

Keunikan yang dimiliki oleh burung murai batu medan menjadikannya sebuah burung yang selalu diminati oleh masyarakat yang digunakan untuk beternak maupun sebagai hiasan. Sebelum anda mengetahui cara beternak murai batu medan tersebut, akan lebih baik jika anda mengetahui beberapa ciri-ciri dari burung murai tersebut. Biasanya yang membuat ciri-ciri yang dimiliki oleh burung murai tersebut sangat dipengaruhi oleh lingkungan habitatnya dan tentunya juga dipengaruhi oleh letak geografisnya.

Ciri-ciri dari burung murai batu medan seperti ciri-ciri pertama yang dimiliki oleh burung murai batu medan adalah bentuk ekornya. Bentuk dari ekor burung murai tersebut memiliki sebuah perpaduan warna putih dan memiliki sebuah strip hitam. Untuk jumlah ekor yang dimilikinya berjumlah empat pasang. Panjang dari ekor tersebut adalah berkisar dari 20 cm hingga 25 cm, selain itu bentuk dari ekornyapun lebih melengkung.

Hal ini memanglah ciri paling mudah untuk membedakan murai batu medan dengan burung murai tipe lainnya. Untuk ciri-ciri yang kedua dari burung murai batu medan adalah warna dari kakinya. Untuk warnanya sendiri memiliki perbedaan antara murai muda dan juga murai dewasa.

Warna kaki yang dimiliki oleh murai muda biasanya berwarna merah gelap sedangkan untuk murai yang berusia dewasa warna kakinya kebanyakan diselimuti oleh beberapa sisik yang berbentuk melengkung seperti bentuk dari buah belimbing. Ciri-ciri yang selanjutnya adalah tentang bentuk posturnya. Postur tubuh dari burung murai batu medan adalah berbentuk lebih besar dari burung murai batu lainnya.

Baca Juga : https://murairimba.com/budidaya-murai-batu-yang-sedang-digemari-oleh-masyarakat-umum/

Cara ternak burung murai batu medan

Jika kalian sudah mengerti tentang ciri-ciri dari burung murai batu medan, maka hal selanjutnya yang harus kalian mengerti adalah cara beternak murai batu medan. Berikut ini merupakan beberapa ciri ternak burung murai batu medan tersebut:

Lokasi
Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk melakukan ternak burung murai batu medan adalah menentukan lokasi untuk dijadikan tempat kandang dari murai tersebut. Peletakan kandang murai biasanya sering dilakukan di samping maupun pada pekarangan rumah pemiliknya.

Ukuran dari kandang murai
Hal kedua yang bisa anda lakukan setelah menentukan lokasi penempatan kandang adalah melakukan pengukuran kandang murai tersebut. Usahakan gunakan kadang yang tidak terlalu besar, karena jika kadang yang digunakan untuk beternak terlalu besar bisa membuat burung murai tersebut lebih sering kehabisan tenaga karena selalu terbang di dalam kadang tersebut. Selain itu jika burung murai lebih sering kehabisan tenaga maka dampak yang ditimbulkan adalah penurunan tingkat reproduksi burung tersebut.

Adanya alat pendukung
Alat pendukung yang diperlukan disini adalah seperti bahan sarang, tenggeran dan juga sarang dari burung medan. Selain itu tempat makan dan minum juga sangat diperlukan.

Pakan minum burung
Hal yang selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memberikan pakan dan juga air minum. Untuk pakan sendiri anda bisa menambahkan beberapa pakan ekstra dan juga beberapa vitamin tambahan. Lalu untuk air minum yang akan dikonsumsi oleh burung murai tersebut sebaiknya adalah air minum yang sudah dimasak. Hal ini dilakukan agar air minum yang akan dikonsumsi oleh burung tersebut terhindar dari berbagai bakteri dan juga parasit.

Kebersihan akan kadang
Hal yang tak kalah penting anda perhatikan dan harus anda lakukan adalah tentang kebersihan kadang. Mulai dari kebersihan kotoran burung di dalam kandang ataupun tentang sisa makanan dalam kandang tersebut.

Proses perkembang biakan
Untuk proses perkembang biakan dari burung murai batu medan anda bisa menggunakan dua alternatif. Alternatif tersebut adalah seperti proses perkembangbiakan perkawinan secara langsung atau menggunakan alternatif perjodohan.

Ciri-ciri indukan murai yang bagus

Selain cara beternak murai batu medan yang harus diperhatikan, ada hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Hal tersebut adalah pentingnya indukan jantan maupun betina yang memiliki tubuh dan karakteristik yang bagus. Agar kalian tidak salah dalam memilih indukan yang digunakan untuk beternak maka perhatikan beberapa tips berikut ini:

Ciri-ciri indukan bagus burung murai batu medan jenis kelamin jantan

  • Murai batu medan sudah dalam keadaan jinak dan tentunya sudah tidak takut terhadap keberadan manusia
  • Usia yang dibutuhkan indukan tersebut adalah lebih dari 2 tahun
  • Adanya nafsu makan yang tingg
  • Indukan tersebut dapat terlihat aktif dan juga gesit tentunya
  • Bulu yang dimiliki oleh indukan tersebut tidak berwarna kusam tentunya juga dalam keadaan sehat
  • Ekor yang dimiliki oleh burung murai tersebut biasanya memiliki ekor yang panjang dan juga memiliki postur tubuh yang bagus

Ciri-ciri indukan bagus burung murai batu medan jenis kelamin betina

Usia yang dibutuhkan oleh indukan betina burung murai batu medan tersebut sudah memiliki usia lebih dari satu tahunSama seperti dengan indukan jantan, indukan betina harus memiliki gerakan yang cukup aktif dan juga agresif
Nafsu makan yang dimiliki oleh indukan betina tersebut diharuskan memiliki nafsu makan yang banyak.

Baik untuk nafsu makan extra fooding maupun pakan voer. Tentunya indukan murai batu medan harus memiliki badan yang sehat dan tidak cacat, selain itu indukan betina harus memiliki postur tubuh yang baik (tidak gendut maupun kurus)
Harga kisaran burung murai

Untuk harga yang dimiliki oleh burung murai tersebut biasanya berkisar relatif. Anda bisa menemukan harga dari burung murai batu medan yang anakan memiliki harga kisaran Rp. 700.000 sedangkan untuk harga burung murai batu medan yang sudah dewasa sekitar Rp. 1.300.000. Akan tetapi harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Penyakit yang dialami oleh murai batu medan

Selain cara beternak murai batu medan dan juga ciri indukan yang harus anda perhatikan, baiknya anda juga memperhatikan tentang beberapa penyakit yang bisa menyerang murai batu medan. Penyakit tersebut adalah seperti adanya kaki bengkak, suara yang dikeluarkan dari burung murai mulai serak, bulu dari ekor burung murai tidak mau tumbuh seperti biasanya, mata yang dimiliki oleh burung tersebut sudah mulai bengkak, yang terakhir adalah adanya kutu yang menempel pada burung tersebut.

www.murairimba.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *