Beberapa Jenis Burung Murai Batu dan Penjelasanya

  • by

Dikalangan pecinta burung, ada beragam jenis Burung Murai Batu yang sering dipelihara. Sebagian orang menganggap bahwa memelihara burung akan membawa berkah bagi diri sendiri. Apalagi ketika burung yang dimiliki adalah burung kelas atas. Karena itu banyak orang rela menghabiskan uang demi seekor burung.
Burung Murai Batu adalah salah satu burung yang sering dipelihara oleh banyak orang. Suara kicauan yang khas dan memiliki bulu beraneka warna tentu tidak sedikit orang yang berlomba-lomba memilikinya. Burung ini juga sering dilombakan dalam berbagai kompetisi lokal maupun nasional.
Namun, sebelum Anda berniat untuk memelihara Murai Batu, perlu Anda ketahui terlebih dahulu jenis dan asalnya. Biasanya jenis Burung Murai Batu dibedakan sesuai asal mereka ditemukan. Ini bisa saja sebagai Murai Batu khas dari masing-masing daerah karena penamaannya pun juga disesuaikan dengan asal mereka.

Burung Murai Medan
Jika Anda memiliki keinginan untuk memelihara Murai Batu, burung ini adalah salah satu jenis Murai terbaik yang ada di Indonesia. Bahkan kebanyakan pemilik pecinta burung hampir selalu memiliki burung ini di daftar burung mereka. Banyak orang orang menilai burung ini sebagai burung yang khas dan unik.
Ada alasan mengapa burung ini dianggap sebagai salah satu Murai terbaik di Indonesia. Salah satu alasannya adalah karena memiliki ekor panjang yang elegan. Dengan warna-warni ekor yang dimiliki oleh Murai Medan, banyak orang berkeinginan untuk mendapatkannya meskipun harganya tidak murah.

Burung Murai Nias
Burung ini jika dimasukan dalam spesies burung yang sama adalah pesaing dari Murai Medan. Murai Nias banyak diburu oleh sebagian kalangan karena memiliki predikat sebagai burung juara. Jika ada sebuah perlombaan kicau burung, hampir pasti salah satu juaranya adalah burung ini.
Alasan ini yang membuat banyak orang kemudian rela menghabiskan uangnya demi seekor burung. Namun, di balik mahalnya harga burung ini ternyata membawa berkah bagi pemiliknya. Jika Murai Nias memenangkan perlombaan yang pasti harganya akan melambung tinggi dan ini menjadikan pemiliknya sebagai orang beruntung.

Murai Lampung
Sebagai salah satu murai yang berasal dari Sumatra, Murai Lampung memiliki keunikannya sendiri. Banyak orang menganggap bahwa burung ini lebih kreatif dalam mengeluarkan kicauan. Burung ini juga masuk dalam kategori salah satu Murai Batu terbaik di Indonesia karena kicauannya yang kreatif.
Murai Lampung mudah dibedakan dengan murai asal Sumatra lainnya. Jika dilihat secara fisik maka murai ini memiliki ekor yang lebih pendek daripada murai lain. Namun, keindahan murai ini tidak kalah dengan jenis Burung Murai Batu lainnya di Indonesia.

Burung Murai Malaysia
Berbeda dengan murai lainnya, murai ini lebih umum tersebar di daerah Malaysia, tepatnya di Semenanjung Malaya. Ada keunikan tersendiri dari murai satu ini, yaitu kecerdasannya yang cukup tinggi. Murai Malaysia memiliki kecerdasan untuk menirukan sura kicauan burung lain, sehingga memiliki suara yang keras dan variatif.
Memelihara Burung Murai sebenarnya sama saja dengan memelihara burung lainnya, namun ada sesuatu yang menarik jika Anda memelihara burung ini. Titel juara hampir selalu bisa didapatkan ketika ada perlombaan. Bahkan harga jualnya pun juga akan melambung tinggi seiring popularitas burung.
Bagi yang ingin memelihara Murai Batu, Anda bisa mendapatkan burung ini dengan mudah melalui MRK Kediri. Jenis Murai yang variatif akan mempermudah Anda dalam memilihnya. Dapatkan informasi lainnya di blog kami agar pengetahuan Anda tentang jenis Burung Murai Batu semakin luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *